Unique Value Proposition HomeGoods, Unik dan Berhasil!

By: | Tags: , , , , | Comments: 0 | November 19th, 2019

Vera Herlina, Partner of Management and Technology Services
=====================================================================================================================
HomeGoods adalah toko retail barang-barang rumah tangga yang terkenal di Amerika, satu group dengan Tj Maxx, Sierra, HomeSense dan lainnya, yaitu TJX Companies, yang berbasis di Framingham, Massachusetts. Sejak dibuka tahun 1992, HomeGoods kini sudah berjumlah ratusan toko dan selalu mampu menarik pengunjung. Di semua toko HomeGoods, hampir setiap hari selalu ada antrian panjang di kasir. Orang-orang menyukai HomeGoods. selain barangnya berkualitas, harganya pun miring. Saya rasa jikalau Anda tinggal di sana, toko ini pastilah dengan segera akan menjadi salah satu favorit Anda juga. Keluarga saya yang tinggal di sana juga adalah penggemar HomeGoods.

HomeGoods menjual barang-barang sehari-hari mulai dari kursi, meja, bantal, sarung bantal, piring, sendok, garpu, pajangan, dan banyak lagi. Barang-barang yang dijualnya selalu mengikuti pergantian musim di Amerika. Bila menjelang musim gugur, maka semua barang akan bernuansa musim gugur. Bila berganti lagi menjadi musim dingin, maka semua barang pun berganti lagi. Hal ini tidak lepas dari budaya Amerika yang senang berganti dekorasi rumah sesuai musim. Sehingga toko-toko pun menyesuaikan diri dengan budaya ini. Bila Natal misalnya, maka mulai dari pekarangan rumah, pintu rumah hingga gelas di rumah pun akan bernuansa Natal. Jadi tidak heran, pergantian musim adalah keuntungan tersendiri bagi toko-toko.

Apakah yang menjadi Unique Value Proposition dari HomeGoods? Mari kita pelajari UVP-nya yang tentu saja menjadi rahasia keberhasilannya.

Harga Murah

Harga barang di HomeGoods terbilang murah, karena selalu dijual dibawah harga pasar. Produk-produk HomeGoods dijual 20%-60% lebih murah dari harga pasar. Pada tag harga selalu tertúlis perbandingan harga jual di tempat lain (compare price), hal ini sangat menolong pembeli untuk menimbang apakah barang yang dibelinya ini kemahalan ataukah memang sudah harga terbaik.

Harga semua produk akan selalu tertulis perbandingannya dengan harga di tempat lain. Hal ini membuat pengunjung dapat menimbang sendiri apakah barang tersebut layak dibeli. Sebagai contoh, sebuah panci dengan merk terkenal seharga $200 bisa dibeli di HomeGoods hanya dengan harga $50. Wow…pastilah cepat habis diburu pelanggan.

Top Brand

Di HomeGoods, barang yang ditawarkan adalah barang-barang terseleksi dari merek-merek top dunia yang fashionable, yang tentunya memiliki nilai kualitas tersendiri. HomeGoods memadukan antara brand, fashion, harga, dan kualitas! Sempurna bukan? Tidak heran banyak orang merasa puas berbelanja perabotan di HomeGoods.

Minim Promosi

Untuk dapat memaksimalkan keuntungan dengan menjual murah, HomeGoods tidak melakukan promosi apapun di media, sosial media. Moto Real brands, real savings, really benar-benar mampu dibuktikan!

Produk khusus hanya ada di HomeGoods

Beberapa produk pecah belah diproduksi sendiri di beberapa pabrik yang berbeda seperti misalnya di India atau Italia. Produk-produk seperti tempat lilin, gelas, kristal ini didesain unik dan berkelas dan hanya dapat ditemukan di HomeGoods.

Interior desain toko yang rapi dan menyenangkan

Dibandingkan dengan discount store lain yang sejenis di Amerika, maka semua toko HomeGoods memiliki tampilan interior yang jauh lebih nyaman dan rapi dibandingkan toko-toko lain. Toko terkesan terang, bersih, rapi tapi juga indah. Membuat banyak orang senang untuk berbelanja dan betah memilih-milih produk sesuai dengan penggolongan jenis produk.

Belajar dari HomeGoods, maka kesuksesan tidak datang begitu saja. Memang harus dipikirkan konsep bisnis yang diinginkan, unique value proposition (UVP) yang ingin ditonjolkan. Bila memiliki UVP maka bisnis Anda akan berbeda dengan orang lain dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pelanggan Anda. Selamat menjemput kesuksesan dengan UVP!

Leave a Reply

WhatsApp chat