Author by :

5 Simple Tips To Get Fit To Work

By: | Tags: | Comments: 0 | August 30th, 2018

Vera Herlina, Partner of Management and Technology Services
=====================================================================================================================
Anda bekerja? Bekerja adalah agenda harian yang harus kita semua jalani. Bekerja normal selama 8 jam sangat membutuhkan suatu stamina, apalagi kalau ternyata harus lembur. Itupun seringkali lemburnya bisa lebih dari sehari. Artinya bekerja memang harus siap fisik dan energi.

Nah, sekarang bagaimana caranya agar bekerja bahkan hingga lembur tidak menguras kekuatan fisik dan stamina kita. Ada strateginya, tentu! Bukan dengan obat, tetapi ada 5 hal sederhana dan praktis di bawah ini yang dapat Anda praktekkan. Siap??

Bangun pagi dengan pikiran positif

Percaya atau tidak, pikiran yang positif sangat berpengaruh pada kesehatan sel-sel tubuh Anda. Ketika memiliki pikiran negatif, maka kita menjadi lebih cepat lelah dan akhirnya tidak bugar saat bekerja dan pulang hanya membawa keletihan dan ujung-ujungnya sakit. Dampak dari berpikir positif di kantor yang dimulai pada pagi hari antara lain:

– Hubungan dengan teman kerja menjadi lebih menyenangkan
– Orang lain pun nyaman bekerjasama dengan Anda
– Lebih kreatif dalam mencari solusi dalam masalah di pekerjaan
– Memotivasi Anda dalam mencapai goal harian maupun goal jangka panjang Anda

Tebarkan senyum

Setelah berpikir positif, maka hadapi segala sesuatu dengan senyum dan gembira. Tersenyumlah pada semua orang yang Anda temui, jangan pilih-pilih, sapalah dengan antusias dan semangat! Jangan biarkan suntuk menghampiri Anda. Bila sudah suntuk dan tidak ada senyum di wajah manis Anda, maka siap-siap dihadang oleh berbagai masalah. Anda juga bisa memasang musik yang membuat hati Anda gembira atau bersenandung kecil saat bekerja.

Minum Cukup Air Putih

Jangan lupa minum! Kesibukan seringkali membuat kita lupa minum. Air putih sangat berpengaruh pada kebugaran. Sel-sel tubuh Anda memerlukannya! Beri tubuh Anda minum air putih, itu yang paling sehat. Teh dan kopi memang dapat membuat mata melek, tapi tidak merehidrasi Anda. Bahkan semakin banyak membuang cairan dari tubuh. Jika tetap ingin minum kopi dan teh, maka imbangi dengan air putih yang cukup. Dehidrasi ringan pun dapat membuat Anda turun stamina dan endurance.

Tahukah Anda air putih akan membuat:

– Konsentrasi meningkat dan mood menjadi bagus
– Rasa segar dan bugar
– Terhindar dari sakit kepala karena dehidrasi

Berkomunikasi

Jangan diam-diam saja larut dalam pekerjaan. Anda dapat membawa suasana gembira hati Anda dalam percakapan dengan teman sekerja, canda gurau saat break time. Diam-diam saja akan membuat Anda lebih mudah stress dan tidak menemukan jalan keluar untuk permasalahan Anda. Dengan berkomunikasi, mungkin Anda akan menemukan ide-ide dari rekan kerja Anda untuk masalah Anda.

Bergerak setiap satu jam

Jika berolahraga nampaknya sulit bagi Anda, karena waktu sepertinya begitu sempit, maka minimal bergeraklah dari kursi Anda setiap satu jam. Anda bisa naik turun tangga, jalan setelah makan siang ataupun sekedar bangun dari tempat duduk, misalnya pergi ke mesin fotocopy, menyapa teman di meja yang di ujung, mengambil air minum ke pantry dan sebagainya.

Sederhana bukan? Hal ini sangat mudah dipraktekkan namun sangat bermanfaat. Mari kita coba untuk bekerja dengan tubuh yang lebih bugar dan sehat.

Leave a Reply