Enam Kebiasaan Hebat Para Pemimpin Besar

By: | Tags: | Comments: 1 | June 25th, 2018

Vera Herlina, Partner of Management and Technology Services
=====================================================================================================================
Pernah kagum dengan kehidupan para pemimpin terkenal di dunia? Sebutkanlah orang-orang hebat dalam dunia bisnis, para CEO seperti Jack Ma, Steve Jobs, Mark Zuckerberg, atau para presiden, dan pemimpin bangsa-bangsa di dunia ini yang terkenal. Mengagumi mereka karena kehidupan para pemimpin besar tersebut sangatlah menarik. Perjalanan panjang keberhasilan seorang pemimpin besar tidaklah lepas dari kebiasaan-kebiasaan mereka sehari-hari. Kebiasaan-kebiasaan ini mungkin merupakan hal-hal kecil yang sederhana yang terpancar dalam keseharian hidup mereka saat memimpin. Seringkali begitu banyak hal baik dapat Anda temukan dalam diri seorang pemimpin besar, bukankah seorang pemimpin merupakan seorang yang dapat diteladani?

Nah, banyak hal yang dapat Anda lihat dari kehidupan seorang pemimpin yang dapat menjadi menginspirasi Anda. Hal-hal ini bawah ini dapat Anda kembangkan bagi diri Anda sendiri untuk menjadi nilai-nilai positif Anda dalam mengembangkan kepemimpinan pribadi Anda. Tidak ada salahnya belajar dari hal baik yang memang sudah terbukti menjadi kunci sukses dalam hidup ini.

Berikut ini adalah kebiasaan positif para pemimpin besar:

Tidak berhenti pada satu titik.

Anda tidak akan pernah menemukan pemimpin sejati yang puas dengan diri mereka. Mereka adalah orang yang senang belajar, terus-menerus memperbaiki kekurangan mereka, mengembangkan kelebihan mereka menjadi lebih terampil dan menambah pengetahuan mereka dengan membaca, berjejaring, atau mencoba berbagai hal baru. Membaca adalah hal yang sederhana namun sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan diri.

Menyadari bahwa perbaikan adalah sebuah proses

Pemimpin itu harus sabar dalam menunggu hasil yang diharapkan. Mereka berjalan selangkah demi selangkah dalam proses hidup mereka. Mereka tahu bahwa satu langkah berikutnya akan membawa pertumbuhan seiring waktu yang terus berjalan. Pemimpin terbaik melakukan yang terbaik dari apa yang dapat mereka lakukan dalam jangka pendek. Bagi mereka waktu adalah adalah berharga dalam sebuah proses.

Terbuka terhadap kritik dan umpan balik

Orang-orang yang sukses adalah orang yang rendah hati. Mereka dengan senang akan meminta masukan dan saran atas apa yang telah mereka lakukan sebagai bagian dari proses perbaikan diri. Mereka bertanggung jawab atas kinerjanya dan memiliki kesadaran diri untuk menjadikan umpan balik sebagai suatu modal memperbaiki diri. Umpan balik itu dapat saja berasal dari bawahan, pelanggan, investor, atau siapapun. Satupun tidak ada yang diremehkan oleh para pemimpin. Bagi para pemimpin ini, kegagalan adalah titik awal untuk menjadi lebih baik di hari esok.

Memiliki visi dan percaya pada visi mereka

Masa depan itu selalu belum terlihat. Namun sudah dimimpikan oleh para pemimpin besar ini. Para pemimpin menjalani hari-hari yang sangat diyakini sedang menuju pada mimpi mereka, bahwa mereka sedang bergerak pada tujuan akhir yang indah. Pemimpin seperti ini akan selalu mampu memotivasi orang lain untuk bergabung dalam misi tersebut. Mereka menjalani sebuah rencana jangka pendek sebagai bagian dari rencana jangka panjang yang diharapkan.

Selalu membuat perencanaan yang baik (Well Plan)

Para pemimpin sukses tidak akan pernah gegabah dalam melakukan sesuatu. Bagi mereka terencana dan terukur adalah suatu penentu dalam proses meraih keberhasilan. Bukan faktor keberuntungan, tapi faktor perencanaan yang baik, detail, strategis, dan tepat. Mereka melakukannya dengan penuh kepastian karena visi yang kuat menyanggupkan mereka membuat segala sesuatu terencana.

Tidak mengeluh

Mengeluh hanya melemahkan visi Anda. Mengeluh hanya akan membuat Anda semakin pesimis, semakin buram melihat masa depan itu sungguh ada. Perhatikan para pemimpin besar ini, mereka selalu mengeluarkan kata positif dan sikap positif, bahkan saat menghadapi kegagalan. Hal ini membuat mereka selalu mampu untuk bangkit walau gagal dan selalu mampu untuk tetap berlari dalam segala situasi.

Mulailah memperhatikan pemimpin favorit Anda. Adakah keenam hal ini terpancar? Semoga keenam hal ini menjadi inspirasi bagi kita, untuk berkembang menjadi pemimpin yang hebat!

Comments

One thought on “Enam Kebiasaan Hebat Para Pemimpin Besar

Leave a Reply

WhatsApp chat