Mengidentifikasi Tingkat Optimal Dari Produktivitas Suatu Perusahaan

By: | Tags: | Comments: 0 | August 20th, 2014

Endah Caratri/Partner in Financial, Accounting & Tax Services (20 Agustus 2014)

===============================================================

Bagaimana bisa manajemen dalam suatu perusahaan jasa mengetahui tingkat optimal produktivitas bagi perusahaan tersebut? Cobalah langkah-langkah berikut.

Bandingkan perusahaan Anda dengan pesaing Anda.

Jika harga dan marginnya lebih rendah, dan karyawan Anda memiliki upah yang lebih tinggi, maka anda harus memiliki strategi produktivitas yang lebih tinggi. Cobalah lakukan strategi yang mampu melebihi pesaing Anda. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka fokuslah pada penyediaan layanan yang terbaik dalam industri Anda, bahkan sekalipun harus mengorbankan produktivitas. Ketika Anda bisa mendapatkan kepuasan yang lebih tinggi, gunakan tenaga kerja di mana perusahaan lain tidak memaksimal kemampuan tenaga kerjanya.

Gambarlah grafik, di mana satu sumbu adalah kepuasan pelanggan dan sumbu lain adalah produktivitas.

Petakan perusahaan Anda dan pesaing Anda pada grafik ini. Pertimbangkan apakah meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengorbankan produktivitas (atau sebaliknya) mungkin lebih efektif dalam membedakan perusahaan Anda dari pesaing Anda, gerakklanh posisi pasar Anda lebih jauh dari pesaing Anda. Ini bisa berarti mengadopsi strategi produktivitas yang lebih fokus atau lebih ke strategi kepuasan pelanggan.

Pikirkan sangat hati-hati sebelum memakai jasa outsourcing, misalnya, melalui oursourcing call center.

Carilah bukti bahwa penurunan kemungkinan kepuasan pelanggan akan diimbangi dengan peningkatan produktivitas dalam tenaga kerja. Jika memungkinkan, menjalankan implementasi tes untuk mengukur dampak pada kepuasan pelanggan dan produktivitas. Kembali pada analisis investasi mengenai dampak gabungan dari peningkatan produktivitas dan kepuasan pelanggan menurun, untuk memastikan bahwa outsourcing memang dibenarkan.

Untuk semua keputusan atau strategi perusahaan yang melibatkan kontak dengan pelanggan, berhati-hatilah dalam memproyeksikan dampaknya pada kepuasan pelanggan serta pada peningkatan produktivitas.

Sekali lagi, lakukan implementasi tes, atau mengamati implementasi sebelumnya yang dilakukan oleh perusahaan lain (mungkin dalam industri lain), yang mampu menyediakan data dampak dari kepuasan pelanggan serta peningkatan produktivitas dan juga penghematan biaya. Hal ini dapat memberikan analisis sepenuhnya dari keseimbangan antara hasil produktivitas dan kepuasan pelanggan.

Suatu perusahaan jasa tidak harus memaksimalkan produktivitas – lebih tepatnya, mereka harus menemukan tingkat yang paling menguntungkan dari produktivitas. Dengan mengelola produktivitas dari suatu pelayanan sebagai variabel keputusan strategis, maka perusahaan dapat menyeimbangkan efisiensi dengan kepuasan pelanggan, meningkatkan kesehatan perusahaan dalam jangka panjang dan profitabilitas dari perusahaan itu

Leave a Reply

WhatsApp chat